Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memantapkan Suara - Menjemput Kemenangan

 

Oleh : Musri Nauli*

Ketika Lembaga Survey Lingkaran Survei Indonesia (Cikom-LSI) Network Denny JA mengabarkan dengan mantap Keunggulan Al Haris-Sani di 5 Dapil dengan selisih cukup jauh, maka angka-angka ini menjadi penegas. Sekaligus memastikan kemenangan Al Haris Sani. 

Didalam Konferensi Pers, Direktur Eksekutif Citra Komunikasi Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, Toto Izul Fatah dengan yakin menyebutkan Al Haris - Abdullah Sani sangat potensial menang pada kontestasi pemilihan gubernur provinsi Jambi 2024. Al Haris-Sani yang didukung 13 parpol itu memiliki elektabilitas yang mengungguli kandidat lain. 

Preferensi pemilih yang dilakukan tanggal 1-9 Oktober 2024 dengan metode standar Multistage Random Sampling, melalui wawancara tatap muka langsung kepada 800 responden terpilih dengan menggunakan kuesioner dan dengan Margin of Error 3,5%. Angka ini selain up to date (teranyar) juga memastikan kemenangan Al Haris-Sani. 

Kunci kemenangan didukung faktor seperti distribusi dukungan yang merata di aneka segmen demografis seperti suku, gender, tingkat pendidikan, penghasilan, profesi, usia, pemilih partai dan ormas. Termasuk, distribusi di setiap dapil.

Belum lagi Al Haris-Sani mempunyai modal tingkat pengenalan dan kesukaan publik yang cukup tinggi dibanding kandidat lain. Misalnya, Al Haris sudah dikenal oleh sekitar 85,5% dengan tingkat kesukaannya 69,6%. Sementara, kandidat lain baru dikenal oleh sekitar 58,3%. Dan hanya disukai 30%. Angka yang cukup jomplang. 

Meminjam teori Hukum Besi yang disampaikan oleh Toto, tingkat pengenalan dan kesukaan itu sudah menjadi salah satu hukum besi untuk menang. Kandidat yang pengenalannya kecil, biasanya kecil juga peluangnya untuk menang. Begitu juga sebaliknya kandidat yang pengenalannya tinggi lebih berpeluang untuk dipilih dan menang. 

Angka ini membuktikan kerja-kerja Tim yang Sudah berjibaku 3 bulan terakhir. Termasuk memastikan lumbung-lumbung yang dijaga. Sekaligus merebut lumbung-lumbung yang masih lemah. 

Analisis LSI terkenal melakukan ratusan kali survei dan terbukti valid mengingatkan tahun 2020.

Disaat lembaga survey yang mengungguli kandidat lain, LSI salah satu lembaga survey yang berani memastikan kemenangan Al Haris-Sani. 

Dengan masuknya data yang masuk di Jambi saat ini sudah mencapai 99,38 persen, Toto sendiri sudah mengucapkan selamat kepada Al haris-Sani. Yang kemudian unggul untuk Pilgub 2020-2024. 

Angka yang dipaparkan tidak begitu jauh dari hasil penetapan pleno KPU. Sehingga lembaga survey yang juga menjadi Quick Qount hari - H menjadi kredibel dan dapat dipertanggungjawabkan. 

Sehingga tidak salah kemudian tagline yang menggema ketika hasil LSI kemudian disebutkan sebagai “Memantapkan Suara. Menjemput Kemenangan”. (***) 

* Direktur Media Publikasi Tim Pemenangan Al Haris-Sani.